Selasa, 17 Februari 2009

INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN INTERNET IN CD

ABSTRAK
Perkembangan dalam bidang teknologi informasi yang pasat saat ini, telah mengakibatkan pergeseran nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat, untuk menjaga pergeseran nilai ke arah negatif sangat diperlukan usaha yang maksimal dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu menjawab tantangan dinamika masalah di masyarakat.
Untuk itu harus selalu ada inovatif dalam proses pembelajaran. Diberlakukannya Permendiknas No. 24 tahun 2006 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), adalah kesempatan yang baik bagi setiap guru di setiap tingkatan satuan pendidikan untuk menciptakan dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru dan peserta didik.. Jika bahan ajar itu mampu menciptakan Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), maka akan dihasilkan hasil belajar yang optimal, meskipun dalam kondisi yang terus berubah.
Bahan ajar internet in CD, adalah satu inovatif dalam pembelajaran yang memanfaatkan file-file freeware yang banyak terdapat di internet, yang di download kemudian disusun sesuai materi dalam kurikulum mata pelajaran, dengan bahasa HTML., dan disimpan dalam media penyimpanan CD. Sehingga dapat ditampilkan lagi meskipun dalam kondisi offline dengan internet. Bahan ajar ini sangat cocok digunakan pada satuan pendidikan yang terkoneksi internet cara dial-up belum terkoneksi dengan secara dedicated, atau telah terkoneksi dedicated, tetapi bandwidthnya sempit./kecil. Bahan ajar internet in CD, jika terisi file animasi atau berektensi .swf maka dapat sebagai pengganti alat peraga yang biasanya ada di laboratorium.
Kata kunci : Perkembangan, Perubahan, Inovasi, PAKEM, Optimal.

Tidak ada komentar: