Rabu, 04 September 2013

Pembelajaran Berbasis ICT Religi Model Animasi



ABSTRAK
Amin Muslih. 2013.  Pembelajaran Berbasis ICT Religi  Model Animasi untuk Meningkatkan Karakter dan Prestasi Belajar Listrik Dinamis pada Peserta Didik SMA Negeri 8 Surakarta: 

Tujuan penelitian ini adalah dengan pembelajaran berbasis ICT religi model animasi untuk memperbaiki proses pembelajaran fisika dan  meningkatkan  karakter  religius, jujur, disiplin, cinta tanah air dan peduli sosial serta   prestasi  belajar  fisika kompetensi listrik  dinamis. Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu usaha dari seorang guru  untuk memperbaiki permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan di era global akibat pesatnya kemajuan teknologi informasi, terutama yang berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa untuk menyiapkan generasi yang unggul. Penelitian ini  memanfaatkan  bahan ajar fisika berbasis ICT yang di dalamnya telah terintegrasi dengan muatan karakter yang bersumber dari Al Quran dan Hadits. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, penelitian ini dilakukan berulang-ulang, setiap ulangan disebut dengan siklus. Satu siklus terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan,  pengamatan dan pengumpulan data, refleksi.
Penelitian dilaksanakan  di  SMA Negeri 8 Surakarta  tahun pelajaran 2012/2013  semester genap dengan subjek penelitian kelas X 7 berjumlah 27 peserta didik. SMA Negeri 8 Surakarta salah satu sekolah yang dijadikan percontohan tentang pendidikan karakter, akan tetapi selama tiga tahun terakhir hasilnya belum optimal. Kesenjangan ini dicoba diperbaiki dengan memanfaatkan gadget dalam pembelajaran berbasis ICT religi model animasi dengan  metode demonstrasi dan penugasan.
Hasil pembelajaran berbasis ICT religi model animasi pada awalnya menujukkan perubahan yang lebih baik pada aktivitas belajar yaitu: kedisiplinan masuk kelas tepat waktu, keaktivan belajar yang berpusat pada siswa,  ketertiban dalam pembelajaran, tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan guru,  kejujuran dalam mengerjakan ulangan, kerjasama yang baik dalam kelompok. Perubahan aktivitas belajar mengefektifkan difusi  inkulkasi dan keterampilan asertif dari materi bahan ajar sehingga ada peruhahan karakter religius, jujur, disiplin, cinta tanah air dan peduli sosial, semua berubah menjadi lebih baik. Perubahan karakter dapat meningkatkan kemampuan berpikir  yang dimanifestasikan kedalam pola perilaku, keterampilan dan pengetahuan (prestasi belajar) secara induvidual, serta peningkatan ketuntasan belajar dan tingkat keseragaman penguasaan kompetensi listrik dinamis, secara klasikal. Data prestasi belajar  dengan predikat baik, ketuntasan belajar, dan koefisien varian, berturut-turut  pada  prasiklus:  15%, 59% dan 15%, meningkat pada siklus 1 menjadi: 33%, 78% dan 14%,  meningkat lagi  menjadi 85%, 96% dan 9% pada siklus 2.

Kata Kunci: ICT Religi, animasi, karakter, prestasi belajar.
 Bahan Ajar dapat diunduh di sini 

Tidak ada komentar: